27 Agustus 2009

Beban tak seimbang, berpengaruh terhadap GFR??


Beberapa waktu yang lalu saya ditanya oleh seorang mahasiswa mengenai pengaruh beban tak seimbang terhadap unjuk kerja GFR. Apakah beban tak seimbang bias menyebabkan GFR trip? Berapa besar batas ketidak seimbangan beban yang tidak akan menyebabkan GFR trip?GFR mempunyai fungsi utama sebagai pengaman terhadap gangguan fasa tanah. Prinsip kerja GFR adalah dengan memantau arus residual (3I0). Pada saat keadaan beban tak seimbang maka arus residual akan selalu ada dan dirasakan oleh GFR. ARus residual akan menyebabkan GFR trip apabila melebihi batas nilai arus setting-nya.

Pada system dengan menggunaan pentanahan NGR 40 ohm arus setting GFR adalah sebesar 10% dari arus nominal NGR. Misal nya pada system tegangan 20 kV maka arus nominal NGR adalah

In NGR = 20 kv / (40 x 1.72) = 289 A

Maka setelan GFR pada penyulang adalah 28 A.

Simulasi dengan menggunakan simulink Matlab dibuat untuk membantu mempelajari kondisi beban tidak seimbang dan pengaruhnya terhadap GFR. Simulasi ini membantu untuk mengetahui apakah kondisi ketidak seimbangan beban bisa menyebabkan GFR trip, serta melihat berap lama waktu kerja GFR pada saat kondisi tersebut terjadi.



File matlab bisa di download di sini. Selamat mencoba , semoga bermanfaat



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

1 komentar:

Anonim mengatakan...

bagaimana cara mengetahui gfr itu trip,, bisakah disambungkan dengan PMT..??

Posting Komentar

silahkan tinggalkan kritik, saran, tanggapan Anda di sisni. Terima Kasih

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More