27 Agustus 2009

Koneksi Antara PHP dan MySQL (Very Basic Stuff)

Mempelajari PHP tidak lengkap jika tidak sekalian mempelajari tentang database. Pada bagian ini akan dituliskan bagaimana cara membangun koneksi antara halaman web yang kita buat dengan database MySQL. Berikut ini adalah contoh sederhana, dimulai dari tahap awal pembuatan database yang sangat sederhana, diikuti dengan pembuatan halaman untuk menampilkan hasil dari database, serta mengubah isinya.
Pertama kita buat database di PhpMyAdmin dengan cara mengetik http://localhost/PhpMyAdmin (pastikan anda sudah menginstall XAMPP/PHPTriad - Baca artikel mengenai hal ini pada bagian OTHERS ). ketikan nama database yang akan dibuat,misalnya kita beri nama lat1 :


Setelah itu akan tampil menu untuk membuat tabel yang berisi data yang akan kita gunakan untuk ditampilkan di halaman web kita. Sebagai contoh kita buat tabel dengan nama userdengan jumlah field (kolom) 2 buah yaitu kolom 'nama' dengan tipe data varchar dan kolom ID dengan tipe data INT dan atribut auto_increment (nanti akan dijelaskan apa fungsi atribut ini - sekarang terima dulu mentah-mentah :p ) isi form yang ada sebagai berikut, lalu klik GO :


Lalu lengkapi pula form berikutnya yang muncul :


Lalu isilah tabel tersebut dengan data nama yang anda inginkan dengan klik pada bagian INSERT. Misal data yang telah selesai saya masukkan adalah sebagai berikut :


Nah sekarang tibalah kita untuk membuat halaman web kita agar bisa mengakses data yang ada dalam tabel user, kemudian menampilkannya. Berikut ini adalah kode php untuk memebntuk koneksi antara PHP dengan MySQL:


<?php
$servername='localhost';
$dbusername='root';
$dbpassword='';
$dbname='lat1';
connecttodb($servername,$dbname,$dbusername,$dbpassword);
function connecttodb($servername,$dbname,$dbuser,$dbpassword)
{
global $link;
$link=mysql_connect ("$servername","$dbuser","$dbpassword");
if(!$link){die("Could not connect to MySQL");}
mysql_select_db("$dbname",$link) or die ("could not open db".mysql_error());
}
php?>

Sedangkan untuk membaca tabel user kita gunakan kode sebagai berikut :

<?PHP
$query="SELECT * FROM user";
$result=mysql_query($query);
echo mysql_error();
while ($noticia=mysql_fetch_array($result)){
echo $noticia[ID]."-".$noticia[nama]."<br>";}
PHP?>

Dengan menggabungkan kedua kode diatas, lalu menyimpannya di folder htdocs pada folder XAMPP misalnya dengan nama coba.phpmaka kita bisa melihat isi tabel user yang ditampilkan di dalam browser kita. cobalah ketik http://localhost/coba.php maka hasilnya akan sebagai berikut :

Selamat mencoba.


artikel lain :student.te.ugm.ac.id/~budis02



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan kritik, saran, tanggapan Anda di sisni. Terima Kasih

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More