27 Agustus 2009

Rele OCR pada Trafo dan Penyulang 20 kV

 


Rele Arus Lebih merupakan salah satu rele proteksi yang digunakan untuk mengamankan trafo daya, Neutral Grounding Resistor (NGR) dan penyulang 20 kV. Rele ini bekerja dengan cara membandingkan arus yang yang terbaca dengan nilai setelannya, bila arus yang dibaca lebih besar dari pada nilai setelan maka rele akan menge-trip-kan PeMutus Tenaga (PMT) atau circuit breaker (CB) setelah waktu tertentu. Besarnya waktu tunda ini tergantung nilai setelan rele.
Berdasarkan standar IEC ada 4 karakteristik setelan tunda waktu inverse (disamping ada setelan tunda waktu definite dan instantaneous) yaitu :
  1. Karakteristik standard inverse (SI)
  2. karakteristik very inverse (VI)
  3. karakeristik extreme inverse (EI)
  4. karakteristik long time inverse (LTI)
SIVIEILTI
α0.1413.580120
β0.02121
δ1111

Iset = merupakan setelan arus yang menentukan kapan OCR mulai pick-up
td = merupakan time dial/time multiple setting pada rele
T = waktu kerja rele
I=arus gangguan yang dirasakan rele

berikut ini adalah tool sederhana dalam format excel untuk melihat koordinasi setelan OCR GFR pada trafo dan penyulang. Silahkan download disini . Masukkan data setting pada sheet DATA SETTING, lalu lihat kurva koordinasinya pada sheet kurva. Selamat mencoba, bila ada kesalahan pada file excel yang saya buat harap tulis di bagian comments agar bisa dilakukan perbaikan terhadap file tersebut.

Note : pada file tersebut, rumus untuk rele BASLER yang digunakan adalah mengacu pada standard ANSI (karena sementara ini belum ada referensi yang dapat dijadikan acuan), sedangkan rele yang lain menggunakan standar IEC.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan kritik, saran, tanggapan Anda di sisni. Terima Kasih

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More